Berita
09 Oktober 2020

Update Terkini Mengenai Virus Corona di Indonesia (09 Oktober 2020)

Pemerintah memberikan update jumlah kasus positif virus corona (Covid-19) di Indonesia. Jumlah kasus positif baru corona masih terus bertambah banyak.

Data Satuan Tugas Penanganan Covid-19 menyebutkan, update hingga Kamis (8/10) ada tambahan 4.850 kasus baru yang terinfeksi corona di Indonesia, sehingga total menjadi 320.564 kasus positif corona. Sementara itu, jumlah yang sembuh dari kasus corona bertambah 3.769 orang sehingga menjadi sebanyak 244.060 orang. Sedangkan jumlah orang yang meninggal akibat virus corona di Indonesia bertambah 108 orang menjadi sebanyak 11.580 orang.

Lantaran masih tingginya tambahan kasus positif corona, pemerintah meminta masyarakat memiliki tanggung jawab yang tinggi dan kolektif untuk mematuhi protokol kesehatan. Karena untuk menekan wabah corona, dimulai dari menekan angka penularan. Untuk itu, pemerintah menekankan pentingnya perilaku 3M yakni memakai masker, mencuci tangan, serta menjaga jarak dan menghindari kerumunan. Berdasarkan banyak penelitian, rajin mencuci tangan bisa menurunkan risiko penularan virus, termasuk virus corona sebesar 35%.

Sementara memakai masker bisa mengurangi risiko penularan virus corona hingga 45% kalau memakai masker kain. Sementara kalau menggunakan masker medis, risiko penularan berkurang hingga 75%.

Berikut ini sebaran virus Corona berdasarkan usia di Indonesia:

Benarkah laki-laki lebih rentan terjangkit virus corona seperti analisa para pakar kesehatan?

Di Indonesia lebih dari separuh pasien (data hingga 8 October  2020) berjenis kelamin laki-laki. (laki-laki: 50,78%, perempuan: 49,22%, tidak diumumkan 0,00%)

Sumber: covid19.go.id; corona.jakarta.go.id; Kementrian Kesehatan; kompas.com

Need More Information?